Sukarto, Sukarto and , Drs. Suwarno, M.Pd (2014) Penerapan Strategi CIRC Terhadap Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Dan Operasi Hitung Siswa Kelas V SDN Kedungwinong 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (242kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (40kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (622kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (665kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (155kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemandirian belajar bahasa Indonesia dan matematika melalui penerapan model pembelajaran CIRC pada siswa kelas V SD Negeri Kedungwinong 01 Tahun Pelajaran 2013/2014 dapat meningkatkan kemampuan menulis karangan dan operasi hitung.Dengan menggunakan model pembelajaran CIRC guru dapat meningkatkan kemandirian siswa Kelas V SDN Kedungwinong 01 yang berjumlah 18 siswa terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan menggunakan model pembelajaran CIRC yang dilaksanakan dalam dua siklus. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, observasi, catatan lapangan, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data dalam penelitian ini dengan deskriptif kualitatif yang dilengkapi dengan analisis rata-rata hasil belajar dikelas V SD Negeri Kedungwinong 01 Tahun Pelajaran 2013/2014. Sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata hasil belajar kemandirian siswa masih rendah yaitu 6 dari 18 siswa ratarata 33%. Dan rata-rata pada siklus I meningkat menjadi 11 dari 18 siswa sebesar 61%. Dan rata-rata pada siklus II meningkat lagi menjadi 16 dari 18 siswa sebesar 88%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat memperbaiki proses pembelajaran, hal ini didukung dengan meningkatnya kemandirian siswa dan hasil belajar bahasa dan matematika siswa kelas V SD Negeri Kedungwinong 01 Tahun ajaran 2013/2014 pada materi menulis karangan dan operasi hitung
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran kooperatif,menulis karangan dan operasi hitung |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 20 Mar 2014 08:24 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 00:04 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28368 |
Actions (login required)
View Item |