Khasanah, Nurul and , Masduki, S.Si, M.Si (2014) Implementasi Pendekatan Kontekstual Dengan Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Karakter Kemandirian Dan Tanggung Jawab Siswa Belajar Matematika (PTK Kelas VIII Semester Genap SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
2_BAB_I.pdf Download (159kB) |
|
PDF (Bab II)
3_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab IV)
5_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
6_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
8_LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (600kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan karakter kemandirian dan tanggung jawab belajar bagi siswa kelas VIIIC semester genap SMP Muhammdiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 melalui implementasi pendekatan kontekstual dengan metode resitasi. Penelitian ini termasuk jenis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Siswa sebagai penerima tindakan berjumlah 34 orang. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kritis dan komparatif. Untuk menjamin validitas data digunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan tanggung jawab siswa terhadap pembelajaran matematika. Peningkatan kemandirian siswa: 1) mengajukan pertanyaan atau gagasan sendiri sebelum tindakan 29,41%, setelah dilakukan tindakan 61,76%, 2) menyelesaikan tugas secara mandiri sebelum tindakan 23,53%, setelah dilakukan tindakan 50%. Peningkatan tanggung jawab siswa: 1) menyerahkan tugas tepat waktu sebelum tindakan 32,35%, setelah dilakukan tindakan 61,76%, 2) mempresentasikan hasil kerja kelompok sebelum tindakan 26,47%, setelah dilakukan tindakan 64,71%, 3) melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh-sungguh sebelum tindakan 29,41%, setelah dilakukan tindakan 55,88%. Berdasarkan uraian di atas disimpulkan bahwa melalui implementasi pendekatan kontekstual dengan metode resitasi dapat meningkatkan kemandirian dan tanggung jawab siswa belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemandirian; kontekstual; resitasi; tanggung jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 12:33 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28318 |
Actions (login required)
View Item |