Permatasari, Dian Asih and , Dr. Sumardi, M.Si (2014) Kajian Aspek Kognitif Soal Ulangan Kenaikan Kelas Matematika Kelas VII MTs Negeri Ngemplak Boyolali Tahun Ajaran 2011/2012 Dan 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (45kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (150kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (30kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (47kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (936kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan soal-soal Ulangan Kenaikan Kelas ditinjau dari aspek kognitif, jenis kesalahan dan keberfungsian distraktor dalam soal pilihan ganda. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi data dan observasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian soal UKK Tahun Ajaran 2011/2012 persentase aspek kognitif mengingat 15%, memahami 35%, mengaplikasikan 25%, menganalisis 25%. Distraktor karena kesalahan fakta 4,76%, karena kesalahan konsep 50,47%, karena kesalahan prinsip 3,8%, karena kesalahan proses perhitungan 21,9%. Aspek kognitif soal UKK Tahun Ajaran 2012/2013 persentase aspek mengingat 15%, memahami 15%, mengaplikasikan 45%, menganalisis 25%. Distraktor karena kesalahan fakta 0,98%, karena kesalahan konsep 60,78%, karena kesalahan prinsip 7,84%, karena kesalahan proses perhitungan31,37%. Pada soal UKK Tahun Ajaran 2011/2012 ada 60 distraktor sudah berfungsi dengan baik dan ada 45 distraktor masih perlu direvisi. Pada soal UKK Tahun Ajaran 2012/2013 ada 48 distraktor sudah berfungsi dengan baik dan ada 54 distraktor masih perlu direvisi. Kesimpulannya aspek memahami memiliki presentase paling tinggi pada soal UKK Tahun Ajaran 2011/2012 dan aspek mengaplikasikan memiliki presentase paling tinggi pada UKK Tahun jaran 2012/2013. Distraktor karena kesalahan konsep paling banyak terjadi pada kedua soal tersebut. Distraktor UKK Tahun Ajaran 2011/2012 sudah lebih dari 50% berfungsi baik, pada soal UKK Tahun Ajaran 2012/2013 banyak distraktor yang perlu direvisi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aspek kognitif, kesalahan distraktor, keberfungsian distraktor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 12 not found. |
Date Deposited: | 18 Mar 2014 12:09 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 12:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28314 |
Actions (login required)
View Item |