Jayanti, Nova Dwi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Bagi Siswa Kelas XI Semester Gasal SMK Harapan Kartasura Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (683kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (48kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (64kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (19kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (42kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (121kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kreativitas siswa melalui penerapan strategi Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas XI.OC SMK Harapan Kartasura yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah sebesar 83,87%, 2) Kemampuan siswa dalam mengemukakan gagasan atau ide terhadap suatu masalah sebesar 74,19%, 3) Kemampuan siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru sebesar 77,42% , 4) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan yang membangun sebesar 70,97% , 5) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebesar 77,42%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas; reciprocal teaching |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 07:30 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28135 |
Actions (login required)
View Item |