Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Bagi Siswa Kelas XI Semester Gasal SMK Harapan Kartasura Tahun 2013/2014

Jayanti, Nova Dwi and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Reciprocal Teaching Bagi Siswa Kelas XI Semester Gasal SMK Harapan Kartasura Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (683kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (121kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan kreativitas siswa melalui penerapan strategi Reciprocal Teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah guru yang memberikan tindakan kelas dan penerima tindakan adalah siswa kelas XI.OC SMK Harapan Kartasura yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang dianalisis dari tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi metode dan penyidik. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan kreativitas siswa. Penemuan dari penelitian menunjukkan: 1) Rasa ingin tahu siswa terhadap suatu masalah sebesar 83,87%, 2) Kemampuan siswa dalam mengemukakan gagasan atau ide terhadap suatu masalah sebesar 74,19%, 3) Kemampuan siswa mengerjakan soal latihan yang diberikan oleh guru sebesar 77,42% , 4) Kemampuan siswa dalam mengajukan pertanyaan yang membangun sebesar 70,97% , 5) Kemampuan siswa dalam menjawab pertanyaan sebesar 77,42%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan kreativitas siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kreativitas; reciprocal teaching
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 07:30
Last Modified: 19 Oct 2021 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/28135

Actions (login required)

View Item View Item