Peningkatan Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Media Manik-Manik Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Serenan Tahun 2013/2014

Yustisia, Bela and , Dr. Samino, M.M. (2014) Peningkatan Partisipasi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Penerapan Media Manik-Manik Bagi Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Serenan Tahun 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (947kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (243kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (536kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (539kB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas dengan rumusan masalah “Apakah melalui penerapan media manik-manik dapat meningkatkan partisipasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 2 Serenan Tahun ajaran 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan partisipasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV melalui penerapan media manik-manik di SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa dan guru. Siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data penelitian kualitatif meliputi tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan partisipasi siswa yang kemudian mempengaruhi hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini dapat dilihat dari partisipasi pada kondisi awal siswa (23,86%) mengalami peningkatan pada siklus I (43,17 %) dan siklus II (83,43%). Dengan demikian dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Melalui penerapan media manik-manik dapat meningkatkan partisipasi siswa pada mata pelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 2 Serenan tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: partisipasi, matematika, media manik-manik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 04 Mar 2014 08:27
Last Modified: 17 Oct 2021 13:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item View Item