Fitriani, Aprilia Eka and , Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom, (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar Dan Pemahaman Konsep Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII Semester Gasal SMP N 2 Ngemplak Tahun 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf Download (23kB) |
|
PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (42kB) |
||
PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (20kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dengan trianguasi penyidik. Hasil penelitian, pertama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa. Kedua, peningkatan keaktifan belajar yaitu (a) siswa yang berani mengungkapkan pendapat dari kondisi awal 14,29% siklus I 22,22% dan siklus II 52,78%, (b) siswa yang mengajukan pertanyaan dari kondisi awal 5,71% siklus I 41,67% dan siklus II 66,67%, (c) siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari kondisi awal 22,86% siklus I 36,11% dan siklus II 58,33%, (d) siswa yang berani mempresentasikan hasil pekerjaannya dari kondisi awal 11,43% siklus I 41,67% dan siklus II 58,33%. Ketiga, peningkatan pemahaman konsep matematika yaitu siswa yang mampu menjawab soal dengan benar dari kondisi awal 5,71% siklus I 47,22% dan siklus II 77,78%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, pemahaman konsep, Think-Pair-Share (TPS) |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 01 Mar 2014 06:57 |
Last Modified: | 19 Oct 2021 11:36 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27954 |
Actions (login required)
View Item |