Peningkatan Keaktifan Belajar Dan Pemahaman Konsep Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII Semester Gasal SMP N 2 Ngemplak Tahun 2013/ 2014)

Fitriani, Aprilia Eka and , Prof. Budi Murtiyasa, M. Kom, (2014) Peningkatan Keaktifan Belajar Dan Pemahaman Konsep Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VII Semester Gasal SMP N 2 Ngemplak Tahun 2013/ 2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
01_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
02_BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
03_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
04_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab IV)
05_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
06_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
08_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan keaktifan belajar dan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngemplak dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 2 Ngemplak yang berjumlah 36 siswa. Pelaksanaan tindakan kelas dilaksanakan selama dua siklus. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Keabsahan data dengan trianguasi penyidik. Hasil penelitian, pertama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan keaktifan belajar dan pemahaman konsep siswa. Kedua, peningkatan keaktifan belajar yaitu (a) siswa yang berani mengungkapkan pendapat dari kondisi awal 14,29% siklus I 22,22% dan siklus II 52,78%, (b) siswa yang mengajukan pertanyaan dari kondisi awal 5,71% siklus I 41,67% dan siklus II 66,67%, (c) siswa yang mampu menjawab pertanyaan dari kondisi awal 22,86% siklus I 36,11% dan siklus II 58,33%, (d) siswa yang berani mempresentasikan hasil pekerjaannya dari kondisi awal 11,43% siklus I 41,67% dan siklus II 58,33%. Ketiga, peningkatan pemahaman konsep matematika yaitu siswa yang mampu menjawab soal dengan benar dari kondisi awal 5,71% siklus I 47,22% dan siklus II 77,78%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, pemahaman konsep, Think-Pair-Share (TPS)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 4402 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2014 06:57
Last Modified: 19 Oct 2021 11:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27954

Actions (login required)

View Item View Item