Budiyanto, Agus (2004) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pokok Bahasan Bidang Datar Pada Siswa Kelas IV SD Negeri I Purwantoro. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (322kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (173kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (175kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (273kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (164kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (565kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal bidang datar. (2) Mengetahui persentase kesalahan siswa dalam penguasaan konsep, keterampilan berhitung, dan kemampuan verbal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwantoro tahun Pelajaran 2003/2004 sebanyak 25 siswa. Sedangkan sample yang diambil adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Purwantoro yang berjumlah 25 siswa. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes untuk mengetahui kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bidang datar, metode observasi yaitu untuk mengetahui tingkah laku siswa dan kesalahan yang dilakukan siswa, metode wawancara untuk menggali data secara mendalam tentang permasalahan penelitian, dan metode dokumentasi yaitu untuk mencari data yang berasal dari catatan-catatan, literature, serta dokumen yang berhubungan dengan permasalahan penelitian. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik persentase x100% Tot S Tot B p Tot S å + å = å , dengan p= besar persentase kesalahan, Tot SS= jumlah semua jawaban salah dari seluruh soal. Tot SB= total semua jawaban betul dari seluruh soal. Hasil yang diperoleh kemudian dikolaborasikan dengan data pendukung yang telah direduksi. Dari analisis data dapat disimpulkan: Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal di lihat dari penguasaan konsep sebesar 13,8 % (sangat rendah). Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal dilihat dari penguasaan ketrampilan berhitung sebesar 6,2 % (sangat rendah). Dalam hal kemampuan verbal, siswa mengalami kesalahan memecahkan soal cerita sebesar 31,3 % (rendah).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bidang datar, penguasaan konsep belajar |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 4402 not found. |
Date Deposited: | 26 Feb 2014 08:28 |
Last Modified: | 26 Feb 2014 08:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27887 |
Actions (login required)
View Item |