Ahsanudin, Ahsanudin and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengembangan Nasionalisme Siswa Melalui Kegiatan ekstrakurikuler (Studi Situs Di SMK N 5 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (427kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (5MB) |
|
|
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Bab II)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab III)
Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (238kB) |
||
PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
PDF (Bab V)
Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf Restricted to Repository staff only Download (25kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (54MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : (1). Mendeksripsikan pengelolaan ekstrakurikuler yang berkarakter nasionalisme di SMK N 5 Surakarta. (2). Mendeskripsikan nilainilai nasionalisme siswa yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK N 5 Surakarta. Subjek penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah, guru, guru pembimbing OSIS dan ekstrakurikuler, alumni dan siswa SMK N 5 Surakarta yang beralamat di Jl. Adi Sucipto No. 42 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, Telp. 0271-713916. Data didapat dari sumber data dokumen atau arsip yang meliputi: profil sekolah, rencana kegiatan, struktur organisasi kesiswaan dan dokumen program kesiswaan / ekstrakurikuler, serta hasil wawancara dengan stakeholder dan observasi kegiatan di lapangan. Hasil penelitian tentang kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 5 Surakarta memperlihatkan bahwa 1.Pengelolaan ekstrakurikuler di SMK N 5 Surakarta memerlukan kemampuan ekstra dan strategi yang tepat. Banyaknya peserta didik yng tersebar di puluhan kelas dan berbagai jurusan, dengan jadwal kegiatan belajar yang berbeda-beda serta model kelas dimana siswa mendatangi kelas sesuai materi pembelajaran membutuhkan manajemen organisasi yang tangguh. 2.Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memiliki keunggulan pribadi dan karakter yang lebih baik. Mereka mudah dimobilisasi untuk mendukung kegiatan sekolah dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kegiatan ekstrakurikuler akan menambah pengalaman, pengetahuan dan relasi sosial. 3.Kegiatan ekstrakurikuler menumbuhkan banyak karakter positif. Karakter nasionalis dan cinta tanah air dapat dikembangkan dan dibangun melalui kegiatan ekstrakurikuler dan mencegah munculnya nilai-nilai yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Sudah saatnya menempatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses pendidikan yang utuh. Kegiatan ekstrakurikuler membantu menyediakan sumber daya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yaitu manusia yang cerdas yang didukung dengan keimanan, ketaqwaan, berkepribadian, berbudi luhur, serta memiliki ketrampilan dan wawasan kebangsaan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ekstrakurikuler, nasionalisme. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 05 Feb 2014 12:30 |
Last Modified: | 27 Oct 2021 07:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27548 |
Actions (login required)
View Item |