Pengembangan Nasionalisme Siswa Melalui Kegiatan ekstrakurikuler (Studi Situs Di SMK N 5 Surakarta)

Ahsanudin, Ahsanudin and , Prof. Dr. Yetty Sardjono, M.Si and , Drs. Budi Sutrisno, M.Pd (2013) Pengembangan Nasionalisme Siswa Melalui Kegiatan ekstrakurikuler (Studi Situs Di SMK N 5 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (427kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (238kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1). Mendeksripsikan pengelolaan ekstrakurikuler yang berkarakter nasionalisme di SMK N 5 Surakarta. (2). Mendeskripsikan nilainilai nasionalisme siswa yang dapat dikembangkan melalui kegiatan ekstrakurikuler di SMK N 5 Surakarta. Subjek penelitian terdiri dari wakil kepala sekolah, guru, guru pembimbing OSIS dan ekstrakurikuler, alumni dan siswa SMK N 5 Surakarta yang beralamat di Jl. Adi Sucipto No. 42 Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, Telp. 0271-713916. Data didapat dari sumber data dokumen atau arsip yang meliputi: profil sekolah, rencana kegiatan, struktur organisasi kesiswaan dan dokumen program kesiswaan / ekstrakurikuler, serta hasil wawancara dengan stakeholder dan observasi kegiatan di lapangan. Hasil penelitian tentang kegiatan ekstrakurikuler di SMKN 5 Surakarta memperlihatkan bahwa 1.Pengelolaan ekstrakurikuler di SMK N 5 Surakarta memerlukan kemampuan ekstra dan strategi yang tepat. Banyaknya peserta didik yng tersebar di puluhan kelas dan berbagai jurusan, dengan jadwal kegiatan belajar yang berbeda-beda serta model kelas dimana siswa mendatangi kelas sesuai materi pembelajaran membutuhkan manajemen organisasi yang tangguh. 2.Siswa-siswi yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler memiliki keunggulan pribadi dan karakter yang lebih baik. Mereka mudah dimobilisasi untuk mendukung kegiatan sekolah dan memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kegiatan ekstrakurikuler akan menambah pengalaman, pengetahuan dan relasi sosial. 3.Kegiatan ekstrakurikuler menumbuhkan banyak karakter positif. Karakter nasionalis dan cinta tanah air dapat dikembangkan dan dibangun melalui kegiatan ekstrakurikuler dan mencegah munculnya nilai-nilai yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa. Sudah saatnya menempatkan kegiatan ekstrakurikuler sebagai bagian dari proses pendidikan yang utuh. Kegiatan ekstrakurikuler membantu menyediakan sumber daya untuk mewujudkan tujuan pendidikan yaitu manusia yang cerdas yang didukung dengan keimanan, ketaqwaan, berkepribadian, berbudi luhur, serta memiliki ketrampilan dan wawasan kebangsaan.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler, nasionalisme.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 05 Feb 2014 12:30
Last Modified: 27 Oct 2021 07:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27548

Actions (login required)

View Item View Item