Setiawan, Faqih Atmo and , Drs. Sriyono, M.Pd (2013) Prestasi Belajar Kewirausahaan Ditinjau Dari Kemampuan Kognitif Dan Sarana Prasarana Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakutas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Semester 6 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (275kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (67kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (649kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (184kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar Kewirausahaan mahasiswa; 2) Untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa; 3) Untuk mengetahui pengaruh kemampuan kognitif dan sarana prasrana belajar terhadap prestasi belajar kewirausahaan mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian diskriptif Kuantitatif. Penelitian ini mengambil lokasi di FKIP Pendidikan Akuntansi UMS. Populasi dalam penelitian ini secara nyata dapat diidentifikasi dengan jelas karena sifat dan identitas mahasiswa terdeteksi oleh manajemen. Sampel diambil sebanyak 123 orang mahasiswa dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linear berganda, uji t dan uji F. Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Ada pengaruh signifikan antara kemampuan kognitif terhadap prestasi belajar, hal tersebut dapat diterima.Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 3,044 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,003, dengan sumbangan efektif sebesar 12,1%. 2) Ada pengaruh signifikan antara sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar, hal tersebut dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi linier berganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,210 > 1,979 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, dengan sumbangan efektif sebesar 18,7%. 3) Ada pengaruh signifikan antara kemampuan kognitif dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar, hal tersebut dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier berganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 26,742 > 3,072 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. 4) Hasil perhitungan menunjukkan bahwa besarnya pengaruh kemampuan kognitif dan sarana prasarana belajar terhadap prestasi belajar, adalah sebesar 30,8% sedangkan 69,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Kognitif, Sarana Prasarana Belajar Dan Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 11:54 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27448 |
Actions (login required)
View Item |