Upaya Pembelajaran Dengan Team Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dan Keaktifan Siswa Kelas XI IS 3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014

Hariyadi, Setyo and , Dr. Hj. Suyatmini, M.Si. (2013) Upaya Pembelajaran Dengan Team Assisted Individualization Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi Dan Keaktifan Siswa Kelas XI IS 3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (212kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (151kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dan keaktifan siswa melalui penerapan strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) pada siswa kelas XI IS 3 SMA Muahammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak dua siklus di mana masing-masing siklus dilalui dengan empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi tindakan; dan (4) refleksi tindakan. Objek penelitian adalah seluruh siswa XI IS 3 SMA Muahammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. sebanyak 29 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaborasi bersama dengan guru mata pelajaran IPS(Akuntansi). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan lembar observasi, evaluasi atau tes, dan dokumentasi.Hasil penelitian ini yaitu upaya pembelajaran dengan Team Assisted Individualization dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi dan keaktifan sisiwa kelas XI IS 3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Hal tersebut didukung oleh fakta-fakta sebagai berikut: (1) Prosentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 70,97 dan meningkat menjadi 78,12 pada siklus II. (2) Keaktifan siswa selama siklus I sebesar 54,03% dan meningkat menjadi 75,78% pada siklus II. Dari data diatas dapat disimpulkan bahwa upaya pembelajaran dengan Team Assisted Individualization dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi dan keaktifan siswa kelas XI IS 3 SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI), hasil belajar, keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 20 Dec 2013 06:56
Last Modified: 03 Nov 2021 02:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/27127

Actions (login required)

View Item View Item