Sriwati, Sriwati and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lessons Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (232kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (311kB) |
|
|
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (179kB) |
||
PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (258kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (590kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematik melalui strategi peer lessons. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Gelur pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan satu kali pertemuan dan siklus kedua juga dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya Siswa kelas IV SDN Gelur yang berjumlah 11 siswa dan objeknya adalah kemampuan berhitung siswa serta strategi peer lessons.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas IV SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lessons. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berhitung siswa rendah dengan presentase 45%. Pada siklus I terdapat kemampuan berhitung siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berhitung siswa 57,87% dan pada siklus II kemampuan berhitung siswa sangat baik dengan presentase 81,20%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berhitung bagi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran peer lesson
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peningkatan; kemampuan; berhitung; strategi; peer lessons. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 04 Dec 2013 13:03 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 07:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26994 |
Actions (login required)
View Item |