Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lessons Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/2014

Sriwati, Sriwati and , Dr. Samino MM (2013) Peningkatan Kemampuan Berhitung Matematika Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Peer Lessons Pada Siswa Kelas IV SDN Gelur Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (232kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
3._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (311kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4._BAB_I.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Bab II)
5._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab III)
6._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab IV)
7._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
8._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (258kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung matematik melalui strategi peer lessons. Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas IV dan guru SDN Gelur pada tanggal 01 Juni 2013. Tahapan penelitian terdiri atas 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tindakan dilaksanakan selama 2 siklus, siklus pertama dilakukan satu kali pertemuan dan siklus kedua juga dilakukan satu kali pertemuan. Subjeknya Siswa kelas IV SDN Gelur yang berjumlah 11 siswa dan objeknya adalah kemampuan berhitung siswa serta strategi peer lessons.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan lembar observasi, wawancara, dokumentas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan kemampuan berhitung siswa kelas IV SDN Gelur setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi peer lessons. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari tahap pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada tahap pra siklus diketahui kemampuan berhitung siswa rendah dengan presentase 45%. Pada siklus I terdapat kemampuan berhitung siswa sedikit meningkat pada tahap sedang dengan nilai presentase kemampuan berhitung siswa 57,87% dan pada siklus II kemampuan berhitung siswa sangat baik dengan presentase 81,20%. Hal ini membuktikan adanya peningkatan kemampuan berhitung bagi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran peer lesson

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan; kemampuan; berhitung; strategi; peer lessons.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2013 13:03
Last Modified: 31 Oct 2021 07:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26994

Actions (login required)

View Item View Item