Penanganan Anak Agresif Pada Anak Kelompok Tk B DI KB/ TK Taqiyya Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013

Barokah, Nurul and , Dr. Darsinah SE, M. Si and , Drs. Ilham Sunaryo M. Pd (2013) Penanganan Anak Agresif Pada Anak Kelompok Tk B DI KB/ TK Taqiyya Kartasura Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (652kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (513kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab anak agresif dan penanganan anak agresif pada anak kelompok TK B di KB/ TK TAQIYYA Kartasura Tahun Ajaran 2012/2013 dengan subjek penelitian ada tiga subjek yaitu, IM, AWS, dan IN. Jenis penelitian ini adalah menggunakan penelitian kualitatif studi kasus. Informannya adalah guru, kepala sekolah, dan orang tua. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan observasi dan wawancara. Teknik analisis data penanganan anak agresif menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab anak agresif TK B di KB/ TK Taqiyya Kartasura dikarenakan adanya faktor psikologis pada perilaku yang dipelajari, faktor sosial pada provokasi langsung dan pengaruh tontonan perilaku agresif ditelevisi. Bentuk perilaku agresifnya berdasarkan serangan dan responnya. Penanganan yang diberikan guru kepada anak yang berperilaku agresif terlebih dahulu dengan diketahui sebelumnya faktor penyebabya dan bentuk perilaku agresifnya. Setelah itu guru memberikan penanganan berupa hukuman dan katarsis. Jadi kesimpulannya bahwa penanganan agresif yang diberikan guru disesuaikan dengan faktor penyebabnya dan bentuk agresif yang ada pada diri anak.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Agresif, Penanganannya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Nov 2013 12:26
Last Modified: 26 Oct 2021 06:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26703

Actions (login required)

View Item View Item