Sugihantoro, Setiyo Budi and , Dr. Samino, M.M and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arend Divariasikan Dengan Metode Pembelajaran Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sugihan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (418kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (143kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (139kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (528kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (298kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode pembelajaran Time Token Arend divariasikan dengan metode pembelajaran number head together. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Sugihan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yaitu Pengumpulan data, Reduksi data Penyajian data dan Penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari kemampuan siswa untuk menyelesaikan hasil tes setelah tindakan. Siswa dikatan tuntas jika dapat memperoleh nilai sama atau di atas KKM yaitu. Hasil tes pra siklus atau kondisi awal sebelum dilaksanakan adalah 67,40 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52,38%, siklus I menghasilkan nilai rata-rata kelas 71,73 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,66%, dan pada siklus II menghasilkan nilai ratarata kelas 75,16 dengan persentase ketuntasan klasikal 80,95%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Time Token Arend divariasikan dengan metode pembelajaran number head together dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Time Token Arend ,number head together,dan hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 14 Oct 2013 07:27 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 10:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26482 |
Actions (login required)
View Item |