Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arend Divariasikan Dengan Metode Pembelajaran Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sugihan Tahun Pelajaran 2012/2013

Sugihantoro, Setiyo Budi and , Dr. Samino, M.M and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Time Token Arend Divariasikan Dengan Metode Pembelajaran Number Head Together Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Sugihan Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (418kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (528kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (94kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (298kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode pembelajaran Time Token Arend divariasikan dengan metode pembelajaran number head together. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah guru dan siswa kelas V SDN 2 Sugihan yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif yaitu Pengumpulan data, Reduksi data Penyajian data dan Penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari kemampuan siswa untuk menyelesaikan hasil tes setelah tindakan. Siswa dikatan tuntas jika dapat memperoleh nilai sama atau di atas KKM yaitu. Hasil tes pra siklus atau kondisi awal sebelum dilaksanakan adalah 67,40 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 52,38%, siklus I menghasilkan nilai rata-rata kelas 71,73 dengan persentase ketuntasan klasikal 66,66%, dan pada siklus II menghasilkan nilai ratarata kelas 75,16 dengan persentase ketuntasan klasikal 80,95%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran Time Token Arend divariasikan dengan metode pembelajaran number head together dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Time Token Arend ,number head together,dan hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Oct 2013 07:27
Last Modified: 01 Nov 2021 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/26482

Actions (login required)

View Item View Item