Pratiwi, Ita Dwi and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Efektifitas Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa dan Pemahaman Materi dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP N 2 Sawit, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (332kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (192kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (244kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (206kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan strategi Imdex Card Match dalam pembelajaran matematika SMP kelas VIII dan (2) mengetahui adanya peningkatan motivasi dan pemahaman materi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Jenis PTK kolaboratif, guru matematika SMP Negeri 2 Sawit dan peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan sedangkan subyek peneliti yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi meliputi: a) antusias mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 13,04% dan setelah tindakan 65,21%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 4,30% dan setelah tindakan 43,47%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 8,69% dan setelah tindakan 39,13%, dan (2) ada peningkatan pemahaman materi dapat dilihat dari pencapaian nilai siswa dalam mengerjakan soal evaluasi = KKM 70 sebelum tindakan 21,73% dan setelah tindakan 78,26%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan motivasi siswa dan pemahaman materi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi siswa, pemahaman materi, index card match |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 07:29 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25237 |
Actions (login required)
View Item |