Efektifitas Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa dan Pemahaman Materi dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP N 2 Sawit, Boyolali)

Pratiwi, Ita Dwi and , Dr. Sumardi, M.Si (2013) Efektifitas Penerapan Strategi Index Card Match (ICM) Sebagai Upaya Peningkatan Motivasi Siswa dan Pemahaman Materi dalam Pembelajaran Matematika (PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII E SMP N 2 Sawit, Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (332kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (192kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (183kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (206kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendiskripsikan penerapan strategi Imdex Card Match dalam pembelajaran matematika SMP kelas VIII dan (2) mengetahui adanya peningkatan motivasi dan pemahaman materi setelah dilakukan tindakan pembelajaran dengan strategi Index Card Match. Jenis PTK kolaboratif, guru matematika SMP Negeri 2 Sawit dan peneliti bertindak sebagai pemberi tindakan sedangkan subyek peneliti yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali, yang berjumlah 23 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Validitas data dilakukan dengan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah: (1) ada peningkatan motivasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya indikator motivasi meliputi: a) antusias mengikuti pembelajaran matematika sebelum tindakan 13,04% dan setelah tindakan 65,21%, b) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 4,30% dan setelah tindakan 43,47%, c) mengerjakan soal di depan kelas sebelum tindakan 8,69% dan setelah tindakan 39,13%, dan (2) ada peningkatan pemahaman materi dapat dilihat dari pencapaian nilai siswa dalam mengerjakan soal evaluasi = KKM 70 sebelum tindakan 21,73% dan setelah tindakan 78,26%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi Index Card Match (ICM) dapat meningkatkan motivasi siswa dan pemahaman materi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi siswa, pemahaman materi, index card match
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 07:29
Last Modified: 02 Nov 2021 23:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25237

Actions (login required)

View Item View Item