Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dalam Penyampaian Materi Stereometri terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Daya Serap Siswa (Eksperimen Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 3 Satu Atap Ngablak Tahun Ajaran 2012/2013)

Hasanah, AK Uswatun and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dalam Penyampaian Materi Stereometri terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Daya Serap Siswa (Eksperimen Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 3 Satu Atap Ngablak Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf

Download (573kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
02_bab__dua.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB)
[img] PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
07_daftar_pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
06_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
08__NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (760kB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) pengaruh metode pembelajaran dengan mengunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh daya serap siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran menggunakan alat peraga dengan daya serap siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Satu Atap Ngablak dengan populasi sebanyak 4 kelas dengan jumlah 112 siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode pembelajaran menggunakan alat peraga sedangkan kelas VIII A sebagai kelas control dikenai metode pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil anava dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa yang (2) terdapat pengaruh tingkat daya serap siswa terhadap hasil belajar matematika(3) tidak ada efek interaksi metode pembelajaran menggunakan alat peraga dan tingkat daya serap terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, hasil belajar, tingkat daya serap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2013 06:20
Last Modified: 02 Nov 2021 23:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25228

Actions (login required)

View Item View Item