Hasanah, AK Uswatun and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Pengaruh Penggunaan Alat Peraga dalam Penyampaian Materi Stereometri terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Daya Serap Siswa (Eksperimen Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 3 Satu Atap Ngablak Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf Download (573kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf Download (178kB) |
|
PDF (Bab II)
02_bab__dua.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (556kB) |
||
PDF (Bab V)
05_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (206kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
07_daftar_pustaka.pdf Download (88kB) |
|
PDF (Lampiran)
06_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
08__NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (760kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:(1) pengaruh metode pembelajaran dengan mengunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh daya serap siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran menggunakan alat peraga dengan daya serap siswa terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Satu Atap Ngablak dengan populasi sebanyak 4 kelas dengan jumlah 112 siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode pembelajaran menggunakan alat peraga sedangkan kelas VIII A sebagai kelas control dikenai metode pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, metode angket dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil anava dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan metode pembelajaran menggunakan alat peraga terhadap hasil belajar matematika siswa yang (2) terdapat pengaruh tingkat daya serap siswa terhadap hasil belajar matematika(3) tidak ada efek interaksi metode pembelajaran menggunakan alat peraga dan tingkat daya serap terhadap hasil belajar matematika siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | alat peraga, hasil belajar, tingkat daya serap |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2013 06:20 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 23:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25228 |
Actions (login required)
View Item |