Tyassari, Anin Ditya Hilmy and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Siswa pada Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.docx.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.docx.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (928kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (22kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.docx.pdf Download (17kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.docx.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.docx.pdf Download (307kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran siswa pada matematika dengan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dengan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penalaran siswa pada matematika. Hal ini dilihat dari indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: 1) Kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapatnya sebelum tindakan 26,08% meningkat menjadi 78,26% setelah tindakan, 2) Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 17,39% meningkat menjadi 82,60% setelah tindakan. Sedangkan indikator penalaran dapat dilihat pada: 1) Dapat memberikan penjelasan menggunakan model, fakta, sifat dan hubungan sebelum tindakan 26,08% meningkat menjadi 82,60% setelah tindakan, 2) Dapat memperkirakan jawaban dan proses solusi dari masalah tersebut sebelum tindakan 30,43% meningkat menjadi 80,95% setelah tindakan. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran siswa pada matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis; penalaran; problem posing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2013 06:39 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:59 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25193 |
Actions (login required)
View Item |