Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Siswa pada Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Tyassari, Anin Ditya Hilmy and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Penalaran Siswa pada Matematika dengan Model Pembelajaran Problem Posing (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.docx.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.docx.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.docx.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.docx.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.docx.pdf

Download (307kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan, meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran siswa pada matematika dengan model pembelajaran problem posing. Jenis penelitian, penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dengan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan penalaran siswa pada matematika. Hal ini dilihat dari indikator kemampuan berpikir kritis yaitu: 1) Kemampuan siswa dalam mengeluarkan pendapatnya sebelum tindakan 26,08% meningkat menjadi 78,26% setelah tindakan, 2) Kemampuan siswa dalam membuat kesimpulan sebelum tindakan 17,39% meningkat menjadi 82,60% setelah tindakan. Sedangkan indikator penalaran dapat dilihat pada: 1) Dapat memberikan penjelasan menggunakan model, fakta, sifat dan hubungan sebelum tindakan 26,08% meningkat menjadi 82,60% setelah tindakan, 2) Dapat memperkirakan jawaban dan proses solusi dari masalah tersebut sebelum tindakan 30,43% meningkat menjadi 80,95% setelah tindakan. Dengan demikian disimpulkan bahwa model pembelajaran problem posing dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan penalaran siswa pada matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berpikir kritis; penalaran; problem posing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2013 06:39
Last Modified: 02 Nov 2021 22:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item