Hardiyanti, Arif and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Think Pair Share (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII G Semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf Download (704kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf Download (154kB) |
|
PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
||
PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (181kB) |
||
PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (437kB) |
||
PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (151kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (186kB) |
|
PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (305kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi Think Pair Share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar matematika melalui strategi Think Pair Share. Hal ini dapat dilihat dari indikator – indikator : 1) kemampuan mengemukakan ide/gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 11,76% dan di akhir tindakan mencapai 55,88%, 2) memiliki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 14,71% dan di akhir tindakan mencapai 73,53%, 3) percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,53% dan di akhir tindakan mencapai 67,66%. Selain itu, Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM ( 70) sebelum dilakukan tindakan sebesar 35,29% dan di akhir tindakan mencapai 82,35%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kreativitas, prestasi belajar matematika, think pair share |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 22 Jul 2013 11:34 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 22:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25000 |
Actions (login required)
View Item |