Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Think Pair Share (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII G Semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013)

Hardiyanti, Arif and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Kreativitas Dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Strategi Think Pair Share (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII G Semester 2 SMP Negeri 2 Colomadu Tahun Pelajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2.Halaman_Depan.pdf

Download (704kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3.BAB_I.pdf

Download (154kB)
[img] PDF (Bab II)
4.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] PDF (Bab III)
5.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab IV)
6.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] PDF (Bab V)
7.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
9.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (305kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika dengan menerapkan strategi Think Pair Share. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek pemberi tindakan adalah guru matematika dan subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 2 Colomadu yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi penyidik. Teknik analisis data dilakukan dengan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas dan prestasi belajar matematika melalui strategi Think Pair Share. Hal ini dapat dilihat dari indikator – indikator : 1) kemampuan mengemukakan ide/gagasan sebelum dilakukan tindakan sebesar 11,76% dan di akhir tindakan mencapai 55,88%, 2) memiliki rasa ingin tahu yang besar sebelum dilakukan tindakan sebesar 14,71% dan di akhir tindakan mencapai 73,53%, 3) percaya diri sebelum dilakukan tindakan sebesar 23,53% dan di akhir tindakan mencapai 67,66%. Selain itu, Peningkatan prestasi belajar matematika siswa dapat terlihat dari siswa yang mendapatkan nilai memenuhi KKM (  70) sebelum dilakukan tindakan sebesar 35,29% dan di akhir tindakan mencapai 82,35%. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan kreativitas dan prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, prestasi belajar matematika, think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 11:34
Last Modified: 02 Nov 2021 22:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/25000

Actions (login required)

View Item View Item