Puspasari, Listiyana Dewi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) (PTK PadaSiswaKelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (171kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (476kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (521kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan (1) peningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), dan (2) peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Hal ini dapat dilihat dari: 1) Kemandirian siswa dalam mengerjakan soal latihan sebelum dilakukan tindakan 22,58%, putaran I 38,71%, putaran II 51,61% dan diakhir tindakan mencapai 70,97%, 2) Kemandirian siswa dalam mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide sebelum dilakukan tindakan 16,13%, putaran I 25,81%, putaran II 45,16% dan diakhir tindakan mencapai 58,06%, 3) Kemandirian siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru atau teman sebelum dilakukan tindakan 6,45%, putaran I 19,35%, putaran II 29,03% dan diakhir tindakan mencapai 48,39% dan 4) peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai lebih dari sama dengan 69 sebelum dilakukan tindakan 29,03%, putaran I 38,71%, putaran II 64,52% dan diakhir tindakan 80,65%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), kemandirian, hasil belajar siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 18 Jul 2013 05:45 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:38 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24895 |
Actions (login required)
View Item |