Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) (PTK PadaSiswaKelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta)

Puspasari, Listiyana Dewi and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Peningkatan Kemandirian dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Pokok Bahasan Lingkaran Melalui Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) (PTK PadaSiswaKelas VIII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (171kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (241kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (476kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (521kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini mengkaji dan mendeskripsikan (1) peningkatkan kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), dan (2) peningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika melalui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VIIID SMP Muhammadiyah 4 Surakarta yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemandirian dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika melalui pendekatan RME (Realistic Mathematics Education). Hal ini dapat dilihat dari: 1) Kemandirian siswa dalam mengerjakan soal latihan sebelum dilakukan tindakan 22,58%, putaran I 38,71%, putaran II 51,61% dan diakhir tindakan mencapai 70,97%, 2) Kemandirian siswa dalam mengajukan pertanyaan atau mengemukakan ide sebelum dilakukan tindakan 16,13%, putaran I 25,81%, putaran II 45,16% dan diakhir tindakan mencapai 58,06%, 3) Kemandirian siswa dalam menjawab pertanyaan dari guru atau teman sebelum dilakukan tindakan 6,45%, putaran I 19,35%, putaran II 29,03% dan diakhir tindakan mencapai 48,39% dan 4) peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai nilai lebih dari sama dengan 69 sebelum dilakukan tindakan 29,03%, putaran I 38,71%, putaran II 64,52% dan diakhir tindakan 80,65%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan RME (Realistic Mathematics Education), kemandirian, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2013 05:45
Last Modified: 01 Nov 2021 22:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24895

Actions (login required)

View Item View Item