Wijilestari, Tutik Sih and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Anak Kelompok B 1 TK MTA I Kebakkramat Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (297kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
BAB_I.pdf Download (132kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (186kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (281kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (118kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (74kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (344kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode pembelajaran outing class pada anak kelompok B1 TK MTA Kebakkramat Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelopok B TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar sebagai pelaksana tindakan.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan membandingkan skor rata-rata dalam tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kecerdasan naturalis anak kelompok B1 di TK MTA 1 Kebakkramat dapat berkembang melalui metode outing class. 2) Terjadi peningkatan kecerdasan naturalis yaitu pada siklus 1 sebanyak 5 siswa dinyatakan tuntas belajar dengan skor tertinggi 100 % dan terendah yaitu 56,25 %, pada siklus II, siswa yang tuntas belajar yaitu 15 anak atau dengan kata lain semua anak dapat tuntas belajar dengan rata-rata tertinggi yaitu 100 %, dan terendah yaitu 81,25 %. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalis anak dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran outing class
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan naturalis , metode pembelajaran outing class |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 12:18 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 06:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24889 |
Actions (login required)
View Item |