Pengembangan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Anak Kelompok B 1 TK MTA I Kebakkramat Tahun 2012/2013

Wijilestari, Tutik Sih and , Dra. Surtikanti, S.H, M.Pd (2013) Pengembangan Kemampuan Kecerdasan Naturalis Melalui Metode Pembelajaran Outing Class Pada Anak Kelompok B 1 TK MTA I Kebakkramat Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (297kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
BAB_I.pdf

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_II.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (344kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kecerdasan naturalis anak usia dini melalui metode pembelajaran outing class pada anak kelompok B1 TK MTA Kebakkramat Tahun 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dimana peneliti sekaligus guru kelopok B TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar sebagai pelaksana tindakan.Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B1 TK MTA 1 Kebakkramat Karanganyar yang berjumlah 15 anak. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif yaitu dengan membandingkan skor rata-rata dalam tiap siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kecerdasan naturalis anak kelompok B1 di TK MTA 1 Kebakkramat dapat berkembang melalui metode outing class. 2) Terjadi peningkatan kecerdasan naturalis yaitu pada siklus 1 sebanyak 5 siswa dinyatakan tuntas belajar dengan skor tertinggi 100 % dan terendah yaitu 56,25 %, pada siklus II, siswa yang tuntas belajar yaitu 15 anak atau dengan kata lain semua anak dapat tuntas belajar dengan rata-rata tertinggi yaitu 100 %, dan terendah yaitu 81,25 %. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kecerdasan naturalis anak dapat dikembangkan melalui metode pembelajaran outing class

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kecerdasan naturalis , metode pembelajaran outing class
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 12:18
Last Modified: 29 Oct 2021 06:54
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24889

Actions (login required)

View Item View Item