Sari, Ida Purnama and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Pengaruh Minat Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa SMP Negeri 1 Eromoko Kelas VIII Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (526kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (34kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (250kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (105kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (25kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (185kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui, (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013, (3) interaksi antara minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIC - VIIIG SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013. Sampel dalam penelitian ini diambil 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan realibilitas. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan relative dan efektif. Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh yaitu: Y� � 23,89955 0,54158X� 0,36556X�. Dari persamaan regresi linier ganda dapat diprediksi hasil belajar matematika jika terdapat penambahan nilai pada tiap variabel bebas. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,9482 > 1,960. (2) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,1216 > 1,960. (3) Minat belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 7,3301 > 3,15. (4) Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif 13,19%. Variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan efektif 7,27%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 20,46%, sedangkan 79,54% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar matematika. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 26 Jun 2013 11:34 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 20:32 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24533 |
Actions (login required)
View Item |