Pengaruh Minat Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa SMP Negeri 1 Eromoko Kelas VIII Tahun Ajaran 2012/ 2013

Sari, Ida Purnama and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (2013) Pengaruh Minat Dan Aktivitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa SMP Negeri 1 Eromoko Kelas VIII Tahun Ajaran 2012/ 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (526kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (185kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui, (1) pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013, (2) pengaruh aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013, (3) interaksi antara minat belajar dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIC - VIIIG SMP N 1 Eromoko Tahun 2012/ 2013. Sampel dalam penelitian ini diambil 60 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan dokumentasi. Prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan realibilitas. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan relative dan efektif. Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh yaitu: Y� � 23,89955 0,54158X� 0,36556X�. Dari persamaan regresi linier ganda dapat diprediksi hasil belajar matematika jika terdapat penambahan nilai pada tiap variabel bebas. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) Minat belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,9482 > 1,960. (2) Aktivitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,1216 > 1,960. (3) Minat belajar dan aktivitas belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 7,3301 > 3,15. (4) Variabel minat belajar memberikan sumbangan efektif 13,19%. Variabel aktivitas belajar memberikan sumbangan efektif 7,27%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 20,46%, sedangkan 79,54% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 26 Jun 2013 11:34
Last Modified: 01 Nov 2021 20:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24533

Actions (login required)

View Item View Item