Hastuti, Ayu Sri (2013) Penerapan Model Pembelajaran Problem posing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Penyesuaian Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cabeankunti Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (515kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (230kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (325kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (316kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (982kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (139kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (436kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Cabeankunti yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan test. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Penyesuaian Diri Mahluk Hidup. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian penguasaan konsep. Indikator pencapaian penguasaan konsep siswa pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu pada pertemuan I penguasaan materi siswa yaitu 18 siswa atau 78,26%, pada pertemuan II meningkat menjadi 20 siswa atau 86,95%, penguasaan membuat pertanyaan pada pertemuan I yaitu 17 siswa atau 73,91%, pada pertemuan II meningkat menjadi 22 siswa atau 95,65%, penguasaan pengajuan pertanyaan I yaitu 18 siswa atau 78,26%, pada pertemuan II meningkat menjadi 21 siswa atau 91,30%, penguasaan dalam membuat simpulan pada pertemuan I yaitu 19 siswa atau 86,95%, pada pertemuan II meningkat menjadi 20 siswa atau 86,95%. Rata-rata prosentase penguasaan konsep siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 83,25% dan pertemuan II sebesar 87,21% Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Posing, Penguasaan Konsep |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 25 Jun 2013 11:34 |
Last Modified: | 25 Jun 2013 11:45 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24526 |
Actions (login required)
View Item |