Penerapan Model Pembelajaran Problem posing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Penyesuaian Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cabeankunti Tahun Ajaran 2012/2013

Hastuti, Ayu Sri (2013) Penerapan Model Pembelajaran Problem posing Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Penyesuaian Makhluk Hidup Pada Siswa Kelas V SD Negeri Cabeankunti Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (230kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (982kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (139kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (436kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Cabeankunti yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan test. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian menunjukkan adanya peningkatan penguasaan konsep siswa dalam pembelajaran IPA pada materi Penyesuaian Diri Mahluk Hidup. Hasil ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian penguasaan konsep. Indikator pencapaian penguasaan konsep siswa pada siklus akhir yaitu siklus II yaitu pada pertemuan I penguasaan materi siswa yaitu 18 siswa atau 78,26%, pada pertemuan II meningkat menjadi 20 siswa atau 86,95%, penguasaan membuat pertanyaan pada pertemuan I yaitu 17 siswa atau 73,91%, pada pertemuan II meningkat menjadi 22 siswa atau 95,65%, penguasaan pengajuan pertanyaan I yaitu 18 siswa atau 78,26%, pada pertemuan II meningkat menjadi 21 siswa atau 91,30%, penguasaan dalam membuat simpulan pada pertemuan I yaitu 19 siswa atau 86,95%, pada pertemuan II meningkat menjadi 20 siswa atau 86,95%. Rata-rata prosentase penguasaan konsep siswa pada siklus II pertemuan I sebesar 83,25% dan pertemuan II sebesar 87,21% Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Problem Posing dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa pada mata pelajaran IPA.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Penguasaan Konsep
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 25 Jun 2013 11:34
Last Modified: 25 Jun 2013 11:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24526

Actions (login required)

View Item View Item