Ariyanto, Soni Yuda and , Prof. Dr. Bambang Sumardjoko, M.Pd and , Drs. Yualianto Bambang Setyadi, M.SI (2013) Pengelolaan Pengembangan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Lesson Study di Kelas VIII F SMPN 1 Sambi. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (289kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (753kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (270kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (231kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kesiapan sarana prasarana pendukung pengelolaan pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study, (2) mendeskripsikan praktik pengelolaan pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study, dan (3) mendeskripsikan tanggapan guru terhadap pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Sambi, jenis penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, metode dokumentasi, dan metode observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis model alir dengan prosedur,(1) pengumpulan data (2) reduksi data (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan pengembangan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis Lesson Study dikelas VIII F SMP N 1 Sambi dapat meningkatkan profesional guru dalam melaksanakan pembelajaran, guru dapat mengetahui kekurangan dan kelebihan dalam melaksanakan pembelajaran, keaktifan siswapun menjadi meningkat dengan adanya pengembangan‐pengembangan yang dilakukan oleh guru. Keaktifan itu dapat dilihat pada saat pembelajaran dilaksanakan. Sebelum diadakan pengembangan pembelajaran berbasis Lesson Study, proses pembelajaran hanya terpusat pada guru. Setelah diadakan pengembangan pembelajaran dengan model yang baru, maka siswa dapat ikut aktif dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan dikelas.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perencanaan, pelaksanaan dan Lesson Study |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 30 May 2013 06:10 |
Last Modified: | 20 Oct 2021 06:11 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24282 |
Actions (login required)
View Item |