Sidiq, Fatkhur Noor (2012) Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Jawa Di SD N Sraten 02 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03A_Halaman_Sampul.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03B_BAB_I.pdf Download (237kB) |
|
PDF (Bab II)
03C_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) |
||
PDF (Bab III)
03D_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (266kB) |
||
PDF (Bab IV)
03E_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
PDF (Bab V)
03F_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (245kB) |
||
PDF (Bab VI)
03G_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
03H_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (207kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
01_Artikel_Publikasi_Ilmiah.pdf Download (381kB) |
|
PDF (Lampiran)
03I__Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran Bahasa Jawa; dan 2) sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa di SD Negeri Sraten 02 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Sraten 02 Kecamatan Gatak Kabupaten Sukoharjo. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Berdasarkan hasil analisis, penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Pengelolaan pembelajaran bahasa Jawa sudah dilakukan sesuai prinsip-prinsip pengelolaan pembelajaran. Keunikan yang ditemui adalah adanya kebijakan „Hari Kamis Berbahasa Jawa‟ yang diterapkan sekolah untuk melestarikan penggunaan bahasa Jawa di sekolah. Interaksi dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas rendah dilakukan dengan menggunakan bahasa campuran, yaitu bahasa Jawa dan bahasa Indonesia. Interaksi guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa di kelas tinggi sudah sepenuhnya menggunakan bahasa Jawa. Interaksi di kelas rendah sebagian besar masih berlangsung satu arah, yaitu dari guru ke siswa, sedangkan di kelas yang lebih tinggi sudah mulai berlangsung secara dua arah; 2) Sumber belajar yang digunakan dalam pembelajaran Bahasa Jawa terdiri dari buku-buku teks, LKS (Lembar Kerja Siswa), buku tembang, buku geguritan, dan sumber pendukung lainnya. Penggunaan sumber belajar penunjang bertujuan untuk menanamkan karakter kepada siswa. Buku teks yang digunakan adalah Seneng Basa Jawa yang diterbitkan oleh penerbit Aneka Ilmu, Semarang. Guna mendukung kegiatan siswa, guru memanfaatkan LKS sebagai sumber bahan tambahan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, bahasa Jawa. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 28 May 2013 11:48 |
Last Modified: | 28 May 2013 12:01 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24269 |
Actions (login required)
View Item |