Adeyanto , Rizki (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya ( PTK Di MTS N Karangmojo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf Download (558kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (97kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (300kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (122kB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (477kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini:mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B MTs N Karangmojo, yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus – menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan kualitas pembelajaran matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikatornya meliputi: a) menyelesaiakan tugasnya sebelum tindakan 23,07 %, siklus I 38,46%, dan di akhir tindakan 76,92%, b) mengatasi masalah belajarnya sebelum tindakan 30,76%, siklus I 43,58%, dan di akhir tindakan 58,97%, c) percaya diri sebelum tindakan 15,28%, siklus I 28,20%, dan di akhir tindakan 46,15%, d) mengatur diri sebelum tindakan 20,51%, siklus I 43,58%, dan di akhir tindakan 66,67%, (2) peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 70 sebelum tindakan 20,51%, siklus I 66,67%, dan di akhir tindakan 79,48%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode tutor sebayadapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kualitas pembelajaran, tutor sebaya |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 13 May 2013 12:25 |
Last Modified: | 13 May 2013 12:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24146 |
Actions (login required)
View Item |