Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya ( PTK Di MTS N Karangmojo )

Adeyanto , Rizki (2013) Peningkatan Kualitas Pembelajaran Matematika Melalui Metode Tutor Sebaya ( PTK Di MTS N Karangmojo ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (558kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (122kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (477kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini:mendeskripsikan peningkatan kualitas pembelajaran matematika melalui metode tutor sebaya. Jenis penelitian ini PTK kolaboratif. Subyek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII B MTs N Karangmojo, yang berjumlah 39 siswa. Metode pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dilakukan dengan observasi secara terus – menerus dan triangulasi data. Hasil penelitian (1) peningkatan kualitas pembelajaran matematika dapat dilihat dari meningkatnya indikatornya meliputi: a) menyelesaiakan tugasnya sebelum tindakan 23,07 %, siklus I 38,46%, dan di akhir tindakan 76,92%, b) mengatasi masalah belajarnya sebelum tindakan 30,76%, siklus I 43,58%, dan di akhir tindakan 58,97%, c) percaya diri sebelum tindakan 15,28%, siklus I 28,20%, dan di akhir tindakan 46,15%, d) mengatur diri sebelum tindakan 20,51%, siklus I 43,58%, dan di akhir tindakan 66,67%, (2) peningkatan hasil belajar matematika yang memperoleh nilai ≥ KKM 70 sebelum tindakan 20,51%, siklus I 66,67%, dan di akhir tindakan 79,48%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode tutor sebayadapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kualitas pembelajaran, tutor sebaya
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 13 May 2013 12:25
Last Modified: 13 May 2013 12:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24146

Actions (login required)

View Item View Item