Djojo, Siferawati K and , Drs. Mulyadi SK, MPd. (2013) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pendekatan CTL Di Kelas IV SD Harapan Bangsa Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (354kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf Download (139kB) |
|
PDF (Bab II)
4._Bab_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (392kB) |
||
PDF (Bab III)
5._Bab_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (379kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._Bab_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (516kB) |
||
PDF (Bab V)
7._Bab_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf Download (257kB) |
Abstract
Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini peneliti memilih serta menggunakan strategi pendekatan CTL untuk meningkatkan minat belajar matematika. Strategi pendekatan CTL menawarkan bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa scara aktif dalam proses pembelajaran dimana konsep pembelajaran yang ada mengkaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata dimana siswa mengalami proses pengalaman secara langsung. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Harapan Bangsa tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas IV adalah 15 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis interaktif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yang meliputi: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat siswa melalui strategi pendekatan CTL, yaitu minat siswa terhadap pelajaran matematika pada pra siklus sebesar 6.70 %, peningkatan minat siklus I sebesar 26,60 % dan peningkatan minat siklus II mencapai 80 %. Untuk mengetahui peningkatan minat siswa pada pembelajaran matematika digunakan beberapa indikator minat sebagai pedoman bagi guru. Disamping itu juga terdapat lembar observasi bagi guru untuk mengetahui sejauh mana kinerja guru dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pendekatan CTL dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa serta mampu meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, strategi pendekatan CTL |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 13 Apr 2013 07:19 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 06:34 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23592 |
Actions (login required)
View Item |