Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pendekatan CTL Di Kelas IV SD Harapan Bangsa Tahun 2012/2013

Djojo, Siferawati K and , Drs. Mulyadi SK, MPd. (2013) Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Melalui Penerapan Strategi Pendekatan CTL Di Kelas IV SD Harapan Bangsa Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (354kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._Bab_1.pdf

Download (139kB)
[img] PDF (Bab II)
4._Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (392kB)
[img] PDF (Bab III)
5._Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img] PDF (Bab V)
7._Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (257kB)

Abstract

Pelaksanaan proses pembelajaran dalam penelitian ini peneliti memilih serta menggunakan strategi pendekatan CTL untuk meningkatkan minat belajar matematika. Strategi pendekatan CTL menawarkan bentuk pembelajaran yang melibatkan siswa scara aktif dalam proses pembelajaran dimana konsep pembelajaran yang ada mengkaitkan antara materi pelajaran dengan situasi dunia nyata dimana siswa mengalami proses pengalaman secara langsung. Bentuk dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian adalah siswa kelas IV semester II SD Harapan Bangsa tahun pelajaran 2012/2013. Adapun jumlah siswa kelas IV adalah 15 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis interaktif. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yang meliputi: (1) Perencanaan tindakan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan minat siswa melalui strategi pendekatan CTL, yaitu minat siswa terhadap pelajaran matematika pada pra siklus sebesar 6.70 %, peningkatan minat siklus I sebesar 26,60 % dan peningkatan minat siklus II mencapai 80 %. Untuk mengetahui peningkatan minat siswa pada pembelajaran matematika digunakan beberapa indikator minat sebagai pedoman bagi guru. Disamping itu juga terdapat lembar observasi bagi guru untuk mengetahui sejauh mana kinerja guru dalam proses pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pendekatan CTL dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa serta mampu meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, strategi pendekatan CTL
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 13 Apr 2013 07:19
Last Modified: 03 Nov 2021 06:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23592

Actions (login required)

View Item View Item