Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013

Suwantoro, Aji and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (217kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (231kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning pada aiswa kelas V SD Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sidokerto pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 13 anak yang terdiri dari siswa laki-laki 5 anak dan siswa perempuan 8 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Matematika diketahui hasil pengamatan pra siklus kebanyakan siswa mempunyai keaktifan belajar cukup yaitu 6 siswa (46,15%), pada siklus I kebanyakan siswa mempunyai keaktifan belajar cukup baik ada 6 siswa (46,15%), dan pada siklus II umumnya siswa mempunyai keaktifan belajar baik sebanyak 5 siswa (38,46%). Sedangkan perolehan hasil belajar pada pra siklus yang tergolong tuntas ada 4 siswa (23,08%), pada Siklus I siswa yang sudah tuntas meningkat menjadi 7 siswa (53,08%), dan hasil belajar pada Siklus II siswa yang tergolong tuntas meningkat menjadi 12 siswa (92,31%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini: 1) Melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa kelas V Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013; dan 2) Melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, joyful learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 06:50
Last Modified: 31 Oct 2021 06:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23574

Actions (login required)

View Item View Item