Suwantoro, Aji and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Joyful Learning pada Siswa Kelas V SD Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (217kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (124kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (8kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (231kB) |
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar Matematika melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning pada aiswa kelas V SD Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) atau (Classroom Action Research). Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri Sidokerto pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013 sebanyak 13 anak yang terdiri dari siswa laki-laki 5 anak dan siswa perempuan 8 anak. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes hasil belajar. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kaktifan belajar siswa dalam pembelajaran Matematika diketahui hasil pengamatan pra siklus kebanyakan siswa mempunyai keaktifan belajar cukup yaitu 6 siswa (46,15%), pada siklus I kebanyakan siswa mempunyai keaktifan belajar cukup baik ada 6 siswa (46,15%), dan pada siklus II umumnya siswa mempunyai keaktifan belajar baik sebanyak 5 siswa (38,46%). Sedangkan perolehan hasil belajar pada pra siklus yang tergolong tuntas ada 4 siswa (23,08%), pada Siklus I siswa yang sudah tuntas meningkat menjadi 7 siswa (53,08%), dan hasil belajar pada Siklus II siswa yang tergolong tuntas meningkat menjadi 12 siswa (92,31%). Kesimpulan dari hasil penelitian ini: 1) Melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning dapat meningkatkan keaktifan belajar Matematika siswa kelas V Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013; dan 2) Melalui metode pembelajaran berbasis joyful learning dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V Negeri Sidokerto Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keaktifan belajar, joyful learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 12 Apr 2013 06:50 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:18 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23574 |
Actions (login required)
View Item |