Sriyono, Sriyono and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Penerapan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (589kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (59kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (73kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (137kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (160kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (46kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (411kB) |
Abstract
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan media piramida cerita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis deskripsi melalui penerapan media piramida cerita pada siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Metode dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai ratarata awal siswa 60,80 atau 36,66% siswa yang mencapai nilai sesuai KKM. Siklus I diketahui nilai rata-rata 70,76 atau 66,56% siswa yang mencapai nilai sesuai KKM. dan Siklus II diketahui nilai rata-rata 75,66 siswa yang mencapai nilai sesuai KKM ketuntasan secara klasikal mencapai 93,33 %. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media piramida cerita dapat meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar menulis deskripsi, media piramida cerita |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Apr 2013 09:02 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 06:05 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23558 |
Actions (login required)
View Item |