Kegiatan Bermain Kreatif Melalui Finger Painting Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Kelompok B TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta Tahun Aajran 2012/2013

Sulistyani, Yunita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Kegiatan Bermain Kreatif Melalui Finger Painting Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Kelompok B TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta Tahun Aajran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (319kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (376kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (239kB)

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut: (1) Apakah kegiatan bermain kreatif melalui finger painting dapat mengembangkan kreativitas anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta? Tujuan penelitian ini adalah Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perkembangan kreativitas pada anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta melalui kegiatan bermain kreatif yaitu finger painting (melukis dengan jari). Penelitian ini dilaksanakan di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta, bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta pada tahun ajaran 2012/2013yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang mempunyai 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan bermain kreatif melalui finger painting dapat mengembangkan kreativitas anak, hal ini dibuktikan bahwa (1) pada siklus 1 mencapai 47%, siklus 2 mencapai 62%, dan siklus 3 mencapai 83% sesuai dengan indikator pencapaian. Kesimpulannya adalah Hipotesis yang berbunyi “Kegiatan Bermain Kreatif Melalui Finger Painting Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Kelompok B TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta”. Dapat diterima dan terbukti kebenarannya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Bermain Kreatif,Finger Painting,Mengembangkan Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:01
Last Modified: 04 Nov 2021 22:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23528

Actions (login required)

View Item View Item