Sulistyani, Yunita and , Drs. Ilham Sunaryo, M.Pd. (2013) Kegiatan Bermain Kreatif Melalui Finger Painting Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Kelompok B TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta Tahun Aajran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (319kB) |
|
|
PDF (Bab 1)
04._BAB_I.pdf Download (134kB) |
|
PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (188kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (213kB) |
||
PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (91kB) |
|
PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (239kB) |
Abstract
Rumusan masalah dalam penelitian ini dapat dirinci sebagai berikut: (1) Apakah kegiatan bermain kreatif melalui finger painting dapat mengembangkan kreativitas anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta? Tujuan penelitian ini adalah Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil perkembangan kreativitas pada anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta melalui kegiatan bermain kreatif yaitu finger painting (melukis dengan jari). Penelitian ini dilaksanakan di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta, bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung 3 (tiga) siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu : perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek adalah anak didik kelompok B di TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta pada tahun ajaran 2012/2013yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif komparatif yang mempunyai 4 komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kegiatan bermain kreatif melalui finger painting dapat mengembangkan kreativitas anak, hal ini dibuktikan bahwa (1) pada siklus 1 mencapai 47%, siklus 2 mencapai 62%, dan siklus 3 mencapai 83% sesuai dengan indikator pencapaian. Kesimpulannya adalah Hipotesis yang berbunyi “Kegiatan Bermain Kreatif Melalui Finger Painting Sebagai Upaya Untuk Mengembangkan Kreativitas Anak Didik Kelompok B TK Siwi Peni 16 Kerten Surakarta”. Dapat diterima dan terbukti kebenarannya.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bermain Kreatif,Finger Painting,Mengembangkan Kreativitas |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Munawar Munawar |
Date Deposited: | 10 Apr 2013 11:01 |
Last Modified: | 04 Nov 2021 22:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23528 |
Actions (login required)
View Item |