Pratiwi, Feni Dwi and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. and , Drs. Yakub Nasucha, M.Hum. (2013) Diksi Dan Gaya Bahasa Wacana Iklan Pada Tabloid Nova Edisi Bulan Februari – Maret 2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (471kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (81kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (197kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (166kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (16MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (105kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan: (1) bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada tabloid Nova edisi bulan Febuari- Maret 2012; dan (2) bentuk pemakaian gaya bahasa dalam wacana iklan pada tabloid Nova edisi bulan Febuari- Maret 2012. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek dalam penelitian ini yaitu pemakaian diksi dan gaya bahasa wacana iklan yang terdapat pada tabloid Nova edisi bulan Febuari-Maret 2012. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, teknik simak, dan teknik catat. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis interaktif (reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi). Berdasarkan data penelitian dapat disimpulkan bahwa bentuk pemakaian diksi dalam wacana iklan pada tabloid Nova edisi bulan Febuari-Maret 2012 yaitu : 1) Bentuk pemakaian diksi wacana iklan pada tabloid Nova edisi bulan Februari-Maret 2012, meliputi: (1) pemakaian kata indra, yaitu indra peraba sebanyak 2, indra penciuman sebanyak 1, dan indra penglihatan sebanyak 2. (2) Perubahan makna sebanyak 1, dan (3) pemakaian kata-kata atau istilah asing sebanyak 2. 2) Bentuk pemakaiaan gaya bahasa wacana iklan pada tabloid Nova edisi Februari-Maret 2012, meliputi: 1) Gaya bahasa berdasarkan nada sebanyak 2, 2) gaya bahasa berdasarkan struktur yaitu antitesis sebanyak 2 dan repetisi sebanyak 1. 3) gaya bahasa berdasarkan langsung tidaknya makna, yaitu retoris meliputi asonansi sebanyak 2, apafasis dan preterisio sebanyak 1, dan erotesis sebanyak 1. 4) gaya bahasa kiasan yaitu personifikasi sebanyak 2
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Diksi, Gaya Bahasa, Wacana Iklan. |
Subjects: | P Language and Literature > PN Literature (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2013 05:40 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 22:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23325 |
Actions (login required)
View Item |