Prasetyo, Eko and , Prof.Dr. Abdul Ngalim,M.M.,M.Hum and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V SD N Wonokerto 2 Desa Wonokerto Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf Download (309kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (76kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (20kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf Restricted to Repository staff only Download (445kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (224kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran mmenulis karangan dengan menggunakan media gambar berseri dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis karangan menggunakan media gambar berseri di kelas V SD Negeri Wonokerto 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas. Dengan demikian penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes menulis dan metode non tes yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri, kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD N Wonokerto 2 meningkat. Hasil rata- rata tes menulis karangan pratindakan sebesar 67, 80 dan pada siklus I diperoleh hasil rata- rata sebesar 71, 30 kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata- rata sebesar 81, 80 atau meningkat. Perilaku siswa kelas V SD N Wonokerto 2 setelah mengikuti pembelajaran pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan menulis karangan, media gambar berseri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 27 Mar 2013 05:20 |
Last Modified: | 30 Oct 2021 22:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23324 |
Actions (login required)
View Item |