Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V SD N Wonokerto 2 Desa Wonokerto Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012

Prasetyo, Eko and , Prof.Dr. Abdul Ngalim,M.M.,M.Hum and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas V SD N Wonokerto 2 Desa Wonokerto Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (309kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_ALL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (445kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (224kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran mmenulis karangan dengan menggunakan media gambar berseri dan meningkatkan kualitas hasil pembelajaran menulis karangan menggunakan media gambar berseri di kelas V SD Negeri Wonokerto 2 Wonogiri. Penelitian ini merupakan penelitian yang berbasis kelas. Dengan demikian penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi dua siklus. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode tes menulis dan metode non tes yang meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data penelitian, disimpulkan bahwa melalui media gambar berseri, kemampuan menulis karangan siswa kelas V SD N Wonokerto 2 meningkat. Hasil rata- rata tes menulis karangan pratindakan sebesar 67, 80 dan pada siklus I diperoleh hasil rata- rata sebesar 71, 30 kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata- rata sebesar 81, 80 atau meningkat. Perilaku siswa kelas V SD N Wonokerto 2 setelah mengikuti pembelajaran pun mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan perilaku siswa yang lebih serius dan bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menulis karangan, media gambar berseri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 27 Mar 2013 05:20
Last Modified: 30 Oct 2021 22:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item