M.Anshori, M.Anshori and , Drs. Saring Marsudi, SH,M.Pd (2013) Peningkatan Keterampilan Menulis Narasi Melalui Penerapan Strategi Guide Note Taking Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Bejen Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEAPAN.pdf Download (289kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (102kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (162kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (75kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (28kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (270kB) |
Abstract
Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis narasi melalui metode catatan terbimbing (guide note taking) pada siswa kelas 4 SD Negeri 02 Bejen tahun pelajaran 2012/2013 Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus. Tiap siklus terdiri dari 4 tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.Metode pengumpulan digunakan melalui metode tes,observasi,catatan lapangan,dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 02 Bejen. Obyeknya adalah keterampilan siswa menulis. Pada Siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan nilai rata-rata 69,2 dan prosentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 60,7% (17 siswa). Pada Siklus II menunjukkan peningkatan keterampilan menulis narasi dengan nilai rata-rata 75,4 dan presentase siswa yang mencapai nilai di atas KKM (70) sebanyak 82,1% (23siswa). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis narasi setelah diadakan tindakan kelas dengan menggunakan metode catatan terbimbing (guide note taking).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis narasi, metode catatan terbimbing (guide note taking) |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 11 Mar 2013 07:43 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 04:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23081 |
Actions (login required)
View Item |