Latif, Azminudin and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Peningkatan Kreativitas Dalam Menyelidiki Perubahan Sifat Benda Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Pada Siswa Kelas 5 SD N 04 Wonorejo Jatiyoso Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (425kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (105kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (145kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (291kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (94kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (325kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dalam pembelajaran IPA melalui penerapan metode demonstrasi pada siswa kelas 5 SD N 04 Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013. Kondisi awal kreativitas siswa kelas 5 dalam proses pembelajaran sulit ditingkatkan, hal ini disebabkan oleh penerapan metode pembelajaran yang kurang sesuai. Untuk itu guru mengadakan penelitian melalui metode demonstrasi agar kreativitas siswa dalam proses pembelajaran IPA dapat ditingkatkan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD N 04 Wonorejo yang berjumlah 14 anak. Dengan prosedur penelitian melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pada tahap pelaksanaan mencakup 2 siklus. Analisis hasil penelitian ini memaparkan kondisi siswa saat proses pembelajaran yang mengacu pada langkah-langkah metode demonstrasi, setiap langkah dijabarkan dan digambarkan dengan mencari dan mengamati ciri-ciri kreativitas siswa. Hasil dari pengamatan siklus I dibandingkan dengan hasil pengamatan pada kondisi awal kreativitas siswa, selanjutnya hasil pengamatan kreativitas siswa siklus I dibandingkan dengan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa pada pembelajaran IPA sebelum penerapan metode demonstrasi sebanyak 15,1%, setelah dilaksanakan tindakan dengan penerapan metode demonstrasi pada siklus I kreativitas siswa meningkat menjadi 68,4 % dan mengalami peningkatan pula pada siklus II menjadi 85,7 %. Berdasarkan hasil penelitian ini maka hipotesis yang menyatakan bahwa diduga dengan menerapkan metode demonstrasi dapat meningkatkan kreativitas dalam menyelidiki perubahan sifat benda pada siswa kelas 5 SD N 04 Wonorejo Kecamatan Jatiyoso Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013, terbukti dan dapat diterima kebenarannya
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kreativitas, Metode Demonstrasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 08 Mar 2013 10:39 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 02:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23042 |
Actions (login required)
View Item |