Wardhani, Jaty Kusuma (2012) Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Melalui Strategi Active Knowledge Sharing Pada Siswa Kelas IV Semester 1 SD Negeri Kedung Jambal 02 Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (189kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (55kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (72kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (564kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (33kB) |
||
|
PDF (Dfatar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (12kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (985kB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (178kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui strategiActive Knowledge Sharing. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penelitian adalah peneliti dan siswa kelas IV SD N Kedung Jambal 02yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pada materi bagian- bagian tumbuhan. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktivitas siswa yang bertanya sebelum diadakan tindakan sebesar 10%, pada siklus I sebesar80%, di akhir siklus mencapai 90%, 2) menjelaskan materi di depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar5%, pada siklus I sebesar 40 %, pada, di akhir siklus mencapai 75 %, 3) memberi tanggapan sebelum diadakan tindakan sebesar5%, pada siklus I sebesar 35%, di akhir siklus mencapai 80 %, serta 4) mengerjakan soal secara mandiri sebelum ada tindakan sebesar 25%, pada siklus I sebesar 75%, dan di akhir siklus mencapai 85%. Hasil post test yang dilakukan di akhir proses pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasi belajar IPA siswa pada materi bagian- bagian tumbuhan. Sebelum diberikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai daya serap 25%, pada siklus I mencapai daya serap 65% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai daya serap 100%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Active Knowledge Sharing dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, hasil belajar, active knowledge sharing |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 01 Feb 2013 10:54 |
Last Modified: | 01 Feb 2013 10:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22535 |
Actions (login required)
View Item |