Wulandari, Retno and , Drs. H. Sumardi, MSi (2006) Pengaruh Tes Bentuk Obyektif Dan Bentuk Essay Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa (Smp Muhammaduyah 10 Surakarta Tahun Ajaran 2005/2006). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (204kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (111kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (152kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (170kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (157kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (192kB) |
|
|
PDF (Abstraksi)
ABSTRAK.pdf Download (174kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh tes oyektif dan tes essay terhadap prestasi belajar matematika, (2) Pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) Interaksi jenis pemberian tes dan minat terhadap prestasi belajar matematika pokok bahasan persamaan garis lurus. Sampel diambil secara random sampling sebanyak 40 siswa yang terdiri dari 20 siswa diberi tes obyektif dan 20 siswa tes essay dari populasi sebanyak 80 siswa. Metode pengumpulan datanya adalah tes, angket dan dokumentasi. Penelitian ini adalah penelitian kuatitatif dengan analisis datanya menggunakan aalisis variansi 2 jalan sel tak sama. Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan menggunakan Uji keseimbngan dengan uji t, Uji Normalitas dengan metode Lilliefors dan Uji Homogenitas Uji Barlet. Semua perhitungan menggunakan bantuan program SPSS Versi 11.5. Dari analisis diperoleh (1) Fa = 4,733 > Ftabel = 4,143 yang berarti pengaruh tes obyektif dan tes essay terhadap prestasi (2) Fb = 20,291 > Ftabel = 3,22 maka terdapat pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. (3) Fab = 5,788 > Ftabel = 3,22 dengan taraf signifikansi 0,05 maka ada interaksi jenis pemerian tes dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh tes bentuk obyektif dan bentuk essay terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tes Obyektif, Tes Essay, Minat Belaar, Prestasi Belajar Matematika |
Subjects: | E Education > Theory and practice of education E Education > Special aspects of education > Mathematics Education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 21 Dec 2012 12:13 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 05:33 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/22257 |
Actions (login required)
View Item |